Hal – Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Bekerja di Era New Normal

SURABAYA – Paska lebaran yang jatuh pada 24 Mei 2020, Indonesia bersiap memasuki tatanan kehidupan normal baru atau era new normal di tengah pandemi Covid-19. Lalu sebenarnya apa itu yang dimaksud dengan era new normal dan bagaimana penerapannya dalam dunia kerja?

Menurut Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmita yang dikutip dari kompas.com, new normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19. Pemerintah pun mulai menggencarkan sosialiasi era new normal. Pada satu kesempatan saat meninjau kesiapan sebuah mall di Bekasi, Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa di tengah pandemi Covid-19 kita harus tetap produktif namun aman dari penularan Covid-19.  Seluruh pihak diwajibkan untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan sehingga siap mengahdapi tantangan baru.

Sebagai upaya mitigasi, pemerintah telah mengeluarkan surat terkait protokol kesehatan yang diterapkan di tempat kerja saat era new normal melalui Surat Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020.

Beberapa hal harus menjadi perhatian pekerja paska Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berakhir. Dirangkum dari sumber akun instagram @kemenkes_ri, simak beberapa hal berikut untuk diterapkan saat bekerja agar dapat mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Sebelum Berangkat ke Kantor

Sebelum kita berangkat bekerja, ada beberapa hal yang harus dipastikan dan dipersiapkan. Pastikan bahwa kondisi tubuh kita sehat dan fit, lalu jangan lupa gunakan hand sanitizer dan masker saat bersiap berangkat. Apabila sobat terpaksa menggunakan transportasi umum siapkan pembayaran secara non tunai, selalu jaga jarak dengan penumpang yang lainnya dan usahakan tidak bersentuhan saat naik maupun turun dari kendaraan.

2. Saat Bekerja di Kantor

Sesaat setelah sampai di kantor, langsung cuci tangan dengan sabun di tempat yang disediakan oleh kantor. Membuka pintu di area kantor usahakan menggunakan siku. Sampai di ruang kerja bersihkan meja kerja kita dan usahakan ruangan disinari sinar matahari atau membuka sirkulasi udara sekali waktu. Apabila ada diskusi yang harus dilakukan bersama rekan maupun atasan usahakan tetap menjaga jarak.

3. Saat Pulang ke Rumah

Seharian kita bekerja banyak sekali risiko yang dibawa baik yang menempal di baju kita maupun di kulit kita langsung. Maka dari itu, hindari bersentuhan dengan anggota keluarga, sesegera mungkin membersihkan diri (mandi), peralatan kantor maupun pribadi juga dibersihkan. Baju kotor dan masker kain bekas pakai pisahkan dari baju kotor yang lain, dan segera cuci menggunakan detergen. Apabila menggunakan masker sekali pakai, sobek terlebih dahulu maskernya sebelum di buang.

Sebagian besar perusahaan maupun instansi telah kembali memulai aktivitas masuk ke kantor seperti semula setelah beberapa perusahaan sempat memberlakukan sistem Work From Home. Termasuk PT PG Rajawali I yang sempat memberlakukan kebijakan WFH, kini kembali menjalankan aktivitas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Era new normal saat ini mengubah pola perilaku dan kebiasaan sebagian besar masyarakat menjadi lebih disiplin dalam menjaga kebersihan diri. Berjalannya aktivitas bisnis di era baru ini mendorong roda perekonomian untuk terus berjalan. Dengan upaya mitigasi yang tepat dan kesiapan setiap perusahaan, diharapkan penyebaran dan penularan Covid-19 dapat diminimalisir. (Humas PT PG Rajawali I)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *