Memasuki Era “New Normal”, Ini Starter Pack Wajib yang Harus Dibawa

SURABAYA – Berakhirnya kebijakan PSBB di beberapa wilayah mengharuskan masyarakat untuk siap memasuki era new normal dengan mematuhi protokol kesehatan guna meminimalisir penularan dan penyebaran Covid-19. Aktivitas yang dijalankan masyarakat pun berangsur kembali seperti semula dengan kewajiban baru yang harus dipatuhi oleh setiap orang. Termasuk yang dilakukan insan PT PG Rajawali I yang sudah memulai menyambut aktivitas baru di era yang baru. Agar bisa beraktivitas dengan rasa aman, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memiliki rekomendasi “Tas Siaga Covid-19” yang berisi bermacam hal guna melindungi dari paparan Covid-19. Barang – barang yang dibawa maupun dikenakan menjadi starter pack yang wajib dibawa saat beraktivitas keluar rumah.

  • Gunakan Masker dan Selalu Siapkan Masker Cadangan

Aktivitas yang dijalankan di era new normal mewajibkan semua orang untuk memakai masker. Pemakaian masker sendiri meminimalisir terhirupnya droplet dari orang lain maupun melindungi orang lain dari droplet diri sendiri. Jangan lupa untuk mengganti masker yang sudah empat jam digunakan dengan masker cadangan yang dibawa.

  • Sabun Cair, Hand Sanitizer dan Tisu Basah

Menjaga kebersihan tangan menjadi keharusan, selalu bawa sabun cair untuk mencuci tanganmu dan hand sanitizer. Cuci tangan dan semprot hand sanitizer sebelum dan sesudah melakukan sesuatu. Tisu basah juga dapat digunakan untuk membersihkan peralatan yang akan dipegang. Selain itu, tisu basah juga dapat digunakan untuk mengelap tangan dari sisa kotoran sebelum dicuci dengan sabun.

  • Gunakan Baju Berlengan Panjang

Saat beraktivitas di luar rumah, usahakan untuk mengenakan baju berlengan panjang. Pemakaian baju dengan lengan panjang dapat mencegah kulit langsung bersentuhan dengan orang lain maupun dengan benda – benda disekitar kita.

  • Membawa Helm Pribadi

Bagi pengguna transportasi umum seperti ojek online maupun ojek pangkalan bawalah helm pribadi agar lebih terjaga. Helm yang dipakai orang – orang secara bergantian akan menaikkan risiko perpindahan virus maupun bakteri yang tidak kita ketahui. Maka dari itu, membawa helm pribadi lebih aman. Jangan lupa pula untuk tetap menjaga kebersihan helm pribadi.

  • Membawa Alat Makan dan Botol Minum Pribadi

Menggunakan alat makan yang tersedia di kantor memang hal yang lumrah dilakukan. Namun, di era new normal seperti sekarang, sebaiknya bawa peralatan makan dan botol minum pribadi. Segera cuci alat makan yang sudah dipakai, sehingga alat makan dan botol minum terjaga kebersihannya.

  • Membawa Alat Sholat Pribadi

Bagi yang sering melaksanakan ibadah di fasilitas peribadatan umum sebaiknya menyiapkan alat ibadah pribadi. Bagi umat muslim yang melaksanakan sholat di Mushola maupun Masjid penggunaan alat ibadah secara bergantian juga berisiko. Maka dari itu, siapkan alat sholat pribadi agar dapat meminimalisir risiko.

  • Tas Belanja Pribadi

Memasuki era baru, selalu siapkan tas belanja pribadi ketika sedang berbelanja di pasar maupun di supermarket. Penggunaan plastik memiliki risiko tersendiri karena paparan bakteri maupun virus dapat menempel pada plastik.

  • Multivitamin dan Suplemen

Demi menjaga ketahanan imun tubuh, lengkapi kebutuhan gizi dengan meminum multivitamin atau suplemen. Terutama bagi yang beraktivitas padat dan merasa nutrisi dari makanan belum cukup.

Barang – barang tersebut harus selalu dibawa oleh masyarakat apabila hendak keluar rumah, khususnya bagi pekerja. Era new normal ini masyarakat dapat kembali beraktivitas namun harus disiplin menerapkan protocol kesehatan dan membawa new normal starter pack tersebut. Kesadaran individu menjadi penting. Ingat untuk selalu menjaga diri sendiri agar tidak tertular dan menjaga orang disekitar agar tidak kita tulari. (Humas PT PG Rajawali I)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *