DIGITALISASI PEMETAAN LAHAN TEBU

Seiring dengan berkembangnya teknologi jaman sekarang, dibutuhkan sebuah perangkat untuk memudahkan manusia dalam mendapatkan dan mengolah informasi tertentu. Berbagai teknik, metode, dan pendekatan – pendekatan baru dilakukan untuk menyempurnakan dan mengembangkan teknologi dalam upaya untuk mendapatkan informasi yang tepat, cepat, dan akurat.

Terkait informasi geografis, sudah banyak berkembang perangkat yang digunakan dalam kegiatan pemetahan lahan dimana kegiatan tersebut sudah tidak dilakukan secara manual namun telah berkembang ke sistim digital berupa system informasi geografis (SIG)

Sistem Informasi Geografis (SIG) ini menjadi salah satu sarana untuk penyampaian informasi. Terutama untuk informasi – informasi yang berhubungan dengan data spasial. Di mana telah banyak SIG saat ini yang telah dikembangkan baik oleh pemerintah, komunitas maupun perusahaan.

Demikian juga yang dilakukan oleh PG Rejo Agung Agung dalam pengelolaan lahan tebunya baik tebu sendiri maupun tebu kemitraan , pemetaan lahan tebu sudah dilakukan secara digital.  Sistem digitalisasi pemetaan lahan ini berfungsi untuk menampilkan data penyebaran lahan tebu yang dikelola oleh PG Rejo Agung Baru baik tebu sendiri maupun tebu kemitraan.

Digitalisasi pemetaan lahan  memegang peranan sangat penting sebagai alat pendukung pengambilan keputusan, kebijakan dan penyusunan strategi  di bagian tanaman. Tanpa alat pengolahnya, data yang banyak tersedia dilapangan tidak dapat dijadikan informasi yang bermanfaat bagi penetapan kebijakan.

Sistem informasi digital ini dapat divisualisasikan untuk berbagai keperluan, mudah disimpan, dan mudah digunakan sesuai kebutuhan dengan memperhatikan konsep Sistem Informasi Geografis menggunakan software ArcGIS 9.3. ArcGIS merupakan salah satu program berbasis Sistem Informasi Geografis yang memudahkan pengguna dalam pembuatan dan pemakaian sistem informasi. Pembuatan data digital dengan menggunakan bantuan GPS Mapping, software Google Earth, Global Mapper 11.0 dan Map Info 10.0.

Digitalisasi pemetaan lahan  ini diharapkan dapat membantu dan bermanfaat bagi karyawan PG Rejo Agung Baru  khususnya di bagian Tanaman sehingga dapat mempermudah dalam mendapatkan informasi pemetaan lahan tebu di wilayahnya.

Leave a Reply