Outbond dan Employee Gathering PT PG Rajawali I

Posted on

Antusias dan penuh sukacita. Begitulah gambaran kegiatan Employee Gathering PT PG Rajawali I pada 27-28 Maret 2017 di Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH) Seloliman, Trawas, Mojokerto. Kegiatan tersebut merupakan sarana sosialisasi kebijakan dan program kerja PT PG Rajawali I serta program untuk meningkatkan kebersamaan dan kerja sama tim di Kantor Direksi dan unit Pabrik Gula (PG). Kegiatan tersebut melibatkan seluruh Kepala Bidang, Kepala Bagian dan Staf Kantor Direksi beserta General Manager dan para Kepala Bagian unit PG dengan total peserta sebanyak 57 orang.

Dibalut nuansa alam, Direktur PT PG Rajawali I (Gede Meivera) menyampaikan sharing kebijakan dan peta jalan program kerja perusahaan lima tahun kedepan. PT PG Rajawali I bersiap untuk melakukan pengembangan bisnis baik secara organik (peningkatan kapasitas), dan anorganik (akuisisi). Pada acara tersebut dilakukan pula penandatanganan pakta integritas PT PG Rajawali I, PG Rejo Agung Baru dan PG Krebet Baru untuk berkomitmen mengelola dan menjalankan kegiatan usaha perusahaan selalu berorientasi pada Sasaran Operasional Kinerja Produksi dan Keuangan tahun 2017.

Peserta juga digugah kesadaran wawasan lingkungannya melalui program apresiasi lahan pertanian organik, mendengar penjelasan koleksi tanaman obat beserta manfaatnya, melihat workshop daur ulang kertas (sampah organik dan anorganik), serta bermalam di penginapan yang dirancang ramah lingkungan. Oleh karena itu untuk kebaikan penghuninya sendiri, peserta tidak diperkenankan membawa makanan ke dalam kamar. Jika tidak mampu berdamai dengan alam dengan membawa makanan ke atas kasur maka sudah menjadi risiko penghuni jika banyak semut berdatangan. Para peserta pun juga harus bisa berdamai dengan suara lolongan anjing di tengah malam karena bermalam di kawasan hutan.

Gathering tersebut sejatinya merupakan bentuk inovasi rapat yang umumnya dilaksanakan diruang formal menjadi di alam terbuka. Serangkaian kegiatan renungan malam, fun games dan jelajah alam dilaksanakan untuk menutrisi spiritualitas, team work dan leadership para peserta. Para peserta dibagi menjadi empat kelompok besar, yaitu Singa “Si Raja Hutan”, Rajawali “Sang Perkasa”, Kijang “Si Lincah dan Energik” serta Kobra “Si Kuat dan Lihai”. Masing-masing kelompok menampilkan kreasi yel-yel dan beradu dalam fun games termasuk Bapak Gede Meivera yang masuk dalam kelompok Rajawali.

Pada hari kedua setelah jelajah alam melewati hutan Seloliman, empat kelompok yang sebelumnya bersaing bersinergi membentuk satu kelompok besar. Kelompok tersebut diberi tugas untuk mengisi penuh drumb kosong yang memiliki 43 lubang dengan air dari sungai dekat hutan. Bahu-membahu anggota kelompok memasukan air kedalam drum secara estafet dengan ember yang juga bocor. Sebagian anggota yang lain juga berupaya menutup lubang drum menggunakan jari tangan untuk menjaga air tetap berada di dalam drum. Kami belajar menjaga amanah. Menjaga apa yang sudah susah payah diusahakan oleh rekan yang lain.

 

 

Penuh kegembiraan akhirnya rangkaian tugas dapat diselesaikan sesuai arahan. Semua peserta kemudian merayakan kebersamaan dengan bersama-sama masuk ke dalam sungai, duduk rapat berpegangan, membentuk bendungan. Dalam arus sungai yang cukup deras itu kami belajar bahwa kekompakan untuk saling menjaga adalah yang pada akhirnya dapat menguatkan. Ketika sendirian duduk di tengah sungai mungkin kami akan terseret arus bahkan tenggelam. Namun dengan kebersamaan, arus yang kuat tersebut dapat kami lawan. Setiap orang di kanan-kiri, depan-belakang kami adalah penting. Kami bisa bertahan karena semua saling menguatkan.

Basah kuyup menepi di pinggir sungai, para peserta kemudian menikmati sepincuk nasi yang dibungkus dengan daun pisang lengkap dengan sayur dan lauk pauk sederhana hasil pertanian organik Seloliman. Semua sama, sama rasa dan sama rata. Mereka menikmati makanan sambil duduk-duduk di bawah pohon dan bebatuan. Sebagai musik pengiringnya adalah gemericik air sungai diselingi senda tawa para peserta.

Optimis, kreatif dan kompetitif. Sungguh melalui team building tersebut terpancar dinamika dan kekuatan karakter awak PT PG Rajawali I. Karakter positif tersebut adalah modal PT PG Rajawali I untuk terus berkembang. Kegiatan tersebut juga bertujuan untuk membangun jiwa pemenang secara kolektif. Seorang pemenang membutuhkan sebuah keinginan, dedikasi yang jelas, tekad yang kuat, konsentrasi, kemauan untuk menang yang tinggi dan dapat menyelesaikan seluruh tanggung jawabnya sampai tuntas. Semoga kegiatan internalisasi PT PG Rajawali I untuk menyambut giling 2017 tersebut dapat menjadi pijakan penguat agar RNI semakin bangkit, jaya, harmoni dan lebih sukses. Satu jiwa raih juara! (RSD-RW1).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *