Tips Menyimpan Gula Pasir Agar Tak Menggumpal dan Berarir

Gula pasir merupakan salah satu bahan makanan yang penting di dapur. Gula pasir sendiri digunakan sebagai penambah rasa manis masakan ataupun minuman. Diantara beberapa bahan makanan kering lain yang dapat disimpan di dapur, gula pasir memiliki umur simpan yang cukup lama hingga dua tahun. Namun, jika penyimpanan gula pasir tidak dilakukan dengan tepat akan membuat gula pasir menggumpal atau berair.

Ada beberapa cara dalam menyimpan gula pasir agar tahan lama, tidak menggumpal ataupun berair.

  1. Simpan Gula Pasir di Wadah Kering dan Tertutup

Gula pasir merupakan bahan makanan yang mudah larut jika terkena air. Simpan gula pasir di tempat kering dan tertutup dengan baik. Jika memiliki wadah dari kaca atau keramik akan lebih baik. Kaca atau keramik akan membuat gula pasir tetap kering karena kedap udara.

lebih baik lagi disimpan di wadah kaca atau keramik.

  • Jauhkan dari Suhu Panas

Simpan gula pasir di tempat terhindar dari paparan suhu panas seperti sinar matahari, kompor ataupun alat elektronik yang menghembuskan udara panas. Suhu panas tersebut dapat membuat gula sedikit meleleh hingga akhirnya mencair.

  • Letakkan Wadah Gula Pasir di Daerah Kering dan Tidak Lembab

Sebagian wilayah dapur biasanya menjadi sedikit lembab karena pengaruh dari suhu panas kompor ataupun tetesan air yang tanpa sengaja menetes ketika memasak. Maka dari itu, letakkan gula pasir di daerah dapur yang kering dan tidak lembab. Tempat lembab tersebut mengakibatkan gula yang disimpan mudah menggumpal.

  • Memilih Gula Pasir Kualitas Baik

Gula pasir yang memiliki kualitas baik akan tahan lama jika disimpan. Pilihlah gula pasir yang memiliki kualitas baik. Periksa terlebih dahulu jika gula pasir tersebut menggumpal lebih baik tidak dipilih. Salah satu gula pasir di Indonesia yang memiliki kualitas baik adalah “Raja Gula” yang terbuat dari 100% gula tebu murni. Informasi pembelian “Raja Gula” silahkan akses link berikut : http://pgrajawali1.co.id/pembelian-produk/

Cara diatas dapat diterapkan untuk menghindari gula pasir menggumpal atau berair dan dapat disimpan dalam waktu yang lama. (Staff Public Relations – PT PG Rajawali I)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *