Sosialisasi dan Internalisasi Core Values BUMN “AKHLAK” PT PG Rajawali I Melalui Games Virtual

SURABAYA – PT PG Rajawali I Unit Kantor Direksi Surabaya menggelar sosialisasi dan internalisasi nilai – nilai utama AKHLAK pada karyawan. (18/09/2020) Mengacu pada Surat Edaran Menteri BUMN Nomor: SE-7/MBU/07/2020 tanggal 1 Juli 2020, AKHLAK merupakan nilai – nilai utama Sumber Daya Manusia BUMN yang secara resmi telah di tetapkan Kementerian BUMN. Melalui surat edaran tersebut baik BUMN maupun anak perusahaan BUMN serta Perusahaan Afiliasi Terkonsolidasi menerapkan AKHLAK sebagai nilai – nilai utama. AKHLAK sendiri merupakan akronim dari enam kriteria yaitu : Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Salah satu upaya yang dilakukan PT PG Rajawali I dalam melakukan internalisasi dan implementasi Nilai – Nilai AKHLAK tersebut diawali dengan sosialisasi pada karyawan dan karyawati baik di lingkungan Kantor Direksi maupun Unit Pabrik Gula.

Upaya sosialisasi yang dilakukan kali ini dilakukan melalui media sosial WhatsApp Group, melalui informasi yang ditampilkan pada TV kantor, brosur yang dibagikan ke karyawan, serta poster yang ditempelkan di papan pengumuman. Selain itu, sosialisasi kali ini dilakukan dengan cara baru yaitu melalui virtual game. Dalam pelaksanaan virtual games tersebut, Insan PT PG Rajawali I Unit Kantor Direksi Surabaya berpartisipasi melalui platform Quizizz. Games ini pun memiliki tujuan sama dengan media sosialisasi lainnya, yaitu untuk meningkatkan awareness dalam proses internalisasi dan implementasi Nilai – Nilai AKHLAK di setiap aktivitas pekerjaan.

Soal – soal yang ditampilkan dalam games Quizizz merupakan panduan perlikau “do” dan “dont’s” berdasarkan masing – masing kriteria AKHLAK. Sebagai contoh, peserta games diberikan sebuah gambaran perilaku “do” dari nilai Amanah, peserta mengidentifikasi apakah perilaku yang dimunculkan dalam contoh tersebut sudah mencerminkan perilaku “do” atau bukan.

Peserta yang berhasil meraih poin tertinggi mendapatkan apresiasi berupa hadiah kenang – kenangan. Virtual games melalui Quizizz ini merupakan sebuah cara baru dalam melakukan sosialisasi di lingkungan PT PG Rajawali I. Sebagian besar karyawan antusias dalam mengikuti kuis tersebut yang dilakukan secara virtual sehingga tidak menimbulkan kerumunan. Setelah pelaksanaan di Kantor Direksi, games Quizizz juga dilaksanakan di Unit Pabrik Gula Krebet dan Unit Pabrik Gula Rejo Agung Baru dalam format games yang sama namun waktu pelaksanaannya berbeda. (Public Relations – PT PG Rajawali I)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *