HEALTH TALK BERSAMA PUSKESMAS PENELEH DAN PT PHAPROS TBK

SURABAYA – PT PG Rajawali I berupaya untuk terus melakukan pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). Salah satunya dengan memberikan Health Talk yang diselenggarakan pada Kamis, 19 Maret 2020. Acara tersebut bertujuan untuk mengedukasi seluruh karyawan Kantor Direksi di Surabaya seputar COVID-19. Acara edukasi tersebut merupakan kerjasama PT PG Rajawali I dengan Puskesmas Peneleh serta perwakilan PT Phapros (Tbk) cabang Surabaya.

Dalam acara Heatlh Talk tersebut Tim dari Puskesmas Peneleh (Dokter dan Ahli Kesehatan Masyarakat) memberikan sosialisasi terkait ciri – ciri COVID-19, gejala klinis jika terinfeksi, pencegahan penularan, pesan kesehatan untuk meningkatkan pemahaman dan kewaspadaan seluruh karyawan serta cara mencuci tangan yang benar

Menurut WHO, virus corona baru penyebab penyakit COVID-19 adalah virus baru yang menyerang pernapasan manusia. Virus corona sendiri adalah kumpulan besar berbagai virus, beberapa menyebabkan penyakit pada manusia dan lainnya hanya hidup pada hewan, termasuk unta, kucing, dan kelelawar. Kasus pertama infeksi virus corona baru ditemukan di Wuhan, Provinsi Hubei, Cina.

Kita dapat melindungi diri dengan sering-sering cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Contohnya sebelum dan sesudah makan, setelah menggunakan toilet, berpergian, menyentuh binatang atau kotoran hewan. Menutupi mulut dan hidung dengan tisu sekali pakai ketika batuk atau bersin. Hindari kontak dekat dengan orang yang menunjukkan gejala. Cari pertolongan medis jika demam, batuk, atau sulit bernapas.

Awalnya, virus corona ditemukan pada hewan, tetapi sekarang menyebar dari orang ke orang melalui percikan dari saluran pernapasan (dahak/ludah) dalam jarak dekat, contohnya pada petugas kesehatan di tempat kerja saat merawat orang sakit tersebut. Perlu diketahui bahwa masker medis tidak dapat melindungi dari virus corona bila tidak melakukan tindakan pencegahan lainnya, seperti cuci tangan dengan sabun.

WHO merekomendasikan penggunaan masker jika batuk, demam, dan sulit bernapas dan mencari perawatan medis. Jika tidak memiliki gejala tersebut, tidak harus memakai masker karena tidak ada bukti bahwa masker melindungi orang yang tidak sakit. Mereka yang sehat hanya perlu mengenakan masker jika merawat orang yang terduga sakit/terinfeksi virus corona.

Pada kesempatan yang sama, perwakilan PT Phapros Tbk cabang Surabaya yang diwakili Area Manager dan sejumlah staff meberikan informasi terkait pentingnya menjaga imun tubuh untuk mengantisipasi penularan virus. Seluruh karyawan PT PG Rajawali I juga diberikan produk multifitamin “Becefort” dan juga produk antivirus “Methisoprinol” produksi PT Phapros Tbk. Becefort merupakan multivitan C dan E yang sangat dibutuhkan untuk membentuk antibody. Rutin mengkonsumsi becefort satu tablet per hari akan sangat membantu ketahanan tubuh.

Sementara Methisoprinol merupakan obat dengan resep dokter untuk mencegah replikasi virus. Obat ini hanya diminum ketika sakit. Mengkonsumsi obat tersebut tanpa resep dokter atau ketika sehat, sangat tidak dianjurkan. Menurut Tim Phapros Tbk, obat tersebut dapat menimbulkan efek samping gangguan kesehatannya lainnya, yaitu autoimun jika dikonsumsi oleh orang yang sehat. Semoga acara tersebut dapat meningkatkan ketahanan dan kewaspadaan kita dari COVID-19. Satu jiwa raih juara! (rsd).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *