Uncategorized

INISIATIF MILLENNIALS MENILAI IMPLEMENTASI 5R

Tidak terasa PT PG Rajawali I telah mengadakan Sharing Knowledge Forum Millennials (SKFM) sebanyak 24 (dua puluh empat) pertemuan. Hal tersebut menunjukan komitmen yang kuat dari pihak manajemen untuk melaksanakan investasi pengembangan SDM. Khususnya untuk generasi mudanya. SKFM dijadwalkan setiap Jumat pukul 09.00-11.000 WIB dan wajib diikuti oleh seluruh karyawan millennials.

Berbeda dari biasanya, SKFM ke-24 pada 13 Maret 2020 tidak menghadirkan senior leader sebagai narasumber. Millennials bersepakat memanfaatkan moment pertemuan tersebut untuk “do something”. Melakukan tindakan nyata yang bermakna. Menurut millennials, tidak harus SKFM diisi dengan materi dan diskusi. Tim BOCA sebagai event organizer SKFM kemudian mengusulkan untuk menindaklanjuti beberapa wacana yang pernah mengemuka pada SKFM-SKFM sebelumnya.

Millennials teringat dengan slogan, “lebih baik mencegah daripada mengobati”. Di sisi lain, saat ini dunia sedang menghadapi ancaman COVID-19. Namun sesungguhnya ancaman kesehatan dan keselamatan kerja tidak hanya berasal dari serangan virus penyakit. Hal-hal itulah yang mendorong millennials PT PG Rajawali I berinisiatif melaksanakan pengukuran suhu tubuh menggunakan infrared thermometer, melakukan penilaian implementasi 5R serta pembuatan video safety induction mengambil moment SKFM.

Saat ini infrared thermometer menjadi barang berharga yang sulit didapat. Jikalau ada yang menjualnya di toko online pun harganya jauh di atas harga normal. Bisa mencapai sepuluh kali lipat. Untungnya infrared thermometer bukan benda asing bagi para pekerja pabrik gula. Rekan-rekan di Bagian QC unit PG biasa menggunakannya untuk mengukur suhu bahan masakan serta molasses. Millennials Kantor Direksi PT PG Rajawali I mencoba mempelajari dan menggunakan alat tersebut untuk mengukur suhu karyawan.

Selanjutnya secara simultan, millennials berbagi tugas kelompok. Mempraktekan kemampuan team work. Beberapa kelompok melaksanakan penilaian implementasi 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat & Rajin) ruang kerja di lingkungan perusahaan, beberapa yang lainnya membuat video safety induction di beberapa tempat berbeda. Penilaian 5R dilakukan menggunakan survey digital, sehingga langsung dapat diperoleh hasil rekapitulasinya.

Berdasarkan penilaian millennials, Ruang Rapat Utama serta Ruang Kerja Sekretaris Direksi memiliki skor 5R tertinggi. Sementara skor 5R terendah dipegang oleh Ruang Serba Guna Gudang Gula. Sementara untuk video safety induction akan ditayangkan sesuai kebutuhan di beberapa lokasi, yaitu Ruang BOCA, Lobi Utama dan Ruang Rapat Utama. Semoga inisiatif sederhana dari rekan-rekan millennials tersebut dapat bermanfaat dan memberikan nilai tambah bagi perusahaan. Satu jiwa raih juara! (rsd).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *