Uncategorized

PT PG RAJAWALI I MENERIMA SEMBILAN ORANG PESERTA PMMB

SURABAYA – Bertempat di ruang rapat Kantor Direksi PT PG Rajawali I, In Class Training (ICT) Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) 2020 di PT PG Rajawali I dimulai (10/2). Sembilan orang peserta PMMB akan magang selama enam bulan mulai 10 Februari s.d 07 Agustus 2020 di PT PG Rajawali I. Tiga peserta nantinya akan magang di Bidang Akuntansi dan Keuangan. Tiga peserta di Bagian Teknik dan tiga peserta lainnya di Bagian Teknologi. Peserta PMMB tersebut berasal dari Politeknik Negeri Malang, Universitas Teknologi Sumbawa, UPN Veteran Jawa Timur, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dan Universitas Islam Malang.

PMMB sendiri merupakan salah satu program dari Forum Human Capital Indonesia (FHCI) untuk menjawab tantangan SDM BUMN dimasa yang akan datang, menciptakan SDM unggul dengan kompetensi yang mumpuni melalui Pemagangan di BUMN dan Mencetak SDM yang berdaya saing global. Dilansir dari laman pmmb.fhcibumn.com,  PMMB terdiri dari dua program, yaitu Magang Bersertifikat Industri dan Magang Bersertifikat Kompetensi.

Pada Magang Bersertifikat Industri, mahasiswa melaksanakan pemagangan sesuai dengan Project yang diberikan oleh pihak Industri selama 6 (enam) bulan, Peserta magang dinyatakan selesai mengikuti pemagangan setelah menyelesaikan pekerjaan dengan waktu yang telah di tentukan, yang kemudian di akui oleh pihak Industri dengan mengeluarkan Sertifikat Industri sesuai dengan project. Sementara untuk Magang Bersertifikat Kompetensi, mahasiswa melaksanakan pemagangan sesuai dengan kompetensi Bidang (Posisi) yang menjadi persyaratan untuk menduduki posisi tersebut selama 6 (enam) bulan, Peserta Magang akan melaksanakan Uji Kompetensi sesuai dengan Kompetensi Bidang pada akhir masa pemagangan yang dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Nasional.

Rangkaian tahap PMMB sebagai wujud dari BUMN hadir untuk negeri, dimulai dari BUMN mengirimkan jumlah kebutuhan posisi magang yang dibutuhkan ke FHCI. Kemudian Perguruan Tinggi menyiapkan data ketersediaan mahasiswa magang untuk di setorkan ke FHCI. Selanjutnya, FHCI Match Up kebutuhan posisi magang dari BUMN dengan ketersediaan mahasiswa magang dari Perguruan Tinggi. Lalu, BUMN melakukan seleksi mahasiswa magang. Kemudian, Mahasiswa menjalankan permagangan selama 6 bulan di BUMN hingga tahap terakhir adalah Mahasiswa menerima Sertikasi Industri (Oleh BUMN) dan atau Sertifikasi Kompetensi (Oleh BNSP).

Di PT PG Rajawali I, masing-masing peserta PMMB didampingi oleh mentor. Sebelum terjun langsung sesuai job desk tempat magang, peserta mendapat In Class Training berupa materi gambaran umum bisnis proses perusahaan serta bidang kompetensi tempat Magang. Semoga para peserta PMMB di PT PG Rajawali I dapat memanfaatkan program ini sebaik-baiknya untuk meningkatkan kompetensi dan jejaring. Satu jiwa raih juara!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *