Uncategorized

TEAM BUILDING PT PG RAJAWALI

MADIUN – Bertempat di Desa Kare, Kandangan, Madiun pada 24-25 Januari 2020 telah dilaksanakan Team Building Karyawan Pimpinan. Kegiatan tersebut wajib diikuti oleh seluruh karyawan pimpinan (staf) di Kantor Direksi PT PG Rajawali I, unit PG Rejo Agung Baru dan unit PG Krebet Baru. Team building tersebut merupakan bagian dari program pengembangan SDM yang bertujuan untuk membentuk karakter kepemimpinan dan memperkuat Team Work yang bermuara pada peningkatan kinerja perusahaan.

Panitia dari Bidang SDM dan Umum Kantor Direksi PT PG Rajawali I bersama Bagian SDM PG Rejo Agung Baru mengelola peserta team building sebanyak 163 orang. Peserta yang datang dari tiga wilayah, yaitu Surabaya, Malang dan Madiun terlebih dahulu berkumpul di Balai Pertemuan Umum (BPU) PG Rejo Agung untuk mendapat pengarahan dari panitia. Panitia berkolaborasi dengan Team Outbond dari TNI, yaitu Kapten Infantri Parlan dan Kapten Infantri Agung yang bermarkas di Kodim 0810 Nganjuk. Kemudian siang harinya, peserta berangkat menuju lokasi camp di Kare, Kandangan menggunakan truck TNI.

Team Building dibuka secara resmi melalui upacara yang dipimpin oleh Direktur Utama PT PG Rajawali I Rachmad Sartono. Secara simbolis, Bapak Dirut menyematkan tanda peserta kepada dua orang perwakilan peserta (Farah dan Pandu). Sambutan Direktur Utama, ”Team Building ini bertujuan untuk bagaimana bisa membuat tim yang kuat. Dimana masing-masing anggotanya mempunyai tenggang rasa, empati, perhatian, kepedulian kepada sesamanya. Baik teman-teman dalam satu bagian, satu bidang ataupun antar unit usaha. Kita tidak bisa berdiri sendiri”.

Rangkaian acara berikutnya diisi dengan penyampaian materi wawasan kebangsaan. Wawasan Kebangsaan sangat identik dengan Wawasan Nusantara yaitu cara pandang bangsa Indonesia dalam mencapai tujuan nasional yang mencakup perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai kesatuan politik, sosial budaya, ekonomi dan pertahanan keamanan. Kapten Infantri Agung pada sesi wawasan kebangsaan menyampaikan pengalamannya sewaktu mempertahankan kedaulatan negara mewalan GAM di Provinsi Aceh.

Menurut Sang Kapten, kepemimpinan sangat penting. Salah satu sifat pemimpin yang efektif adalah yang sederhana. Meskipun mereka mampu membeli kendaraan mewah, namun memilih untuk menggunakan motor yang sewajarnya agar mudah bersosialisasi dengan masyarakat dan anggotanya. Mereka yang sederhana juga umumnya lebih mudah diikuti dan dapat mencegah timbulnya gejolak sosial seperti rasa iri. Disamping itu, pemimpin juga harus hemat. Kebiasaan hemat pada pribadinya biasanya juga akan tercermin pada pengelolaan perusahaan sehingga dijauhkan dari hal-hal yang mubazir.

Malam harinya, peserta kembali mendapat materi tentang motivasi melalui hipnoterapi dari Kapten Parlan. Hipnoterapi mampu membuat salah seorang staf wanita termuda di PT PG Rajawali I, Rahmawati tanpa ragu-ragu menginjakan kakinya ditumpukan beling atau pecahan kaca. Jika tanpa hipnoterapi tentunya tidak mudah membuat Rahmawati melakukan hal tersebut. Meskipun sesungguhnya, dengan ataupun tanpa hipnoterapi Rahmawati mampu melakukan hal tersebut dengan teknik tertentu agar tidak terluka. Teknik hipnoterapi menunjukan kepada seluruh peserta bahwa sesungguhnya kita semua mampu melakukan hal yang nampaknya tidak mungkin selama kita mengikuti prosedur, yakin dan berani mencoba.

Kegiatan dilanjutkan dengan paparan terkait kondisi perusahaan oleh Direktur Keuangan PT PG Rajawali I, Sagita Hariadin. Bapak Dirkeu menyampaikan materi dengan unik namun mengena. Beberapa peserta ditunjuk secara random menggunakan pesawat kertas untuk mempresentasikan tiga hal. Pertama tentang tantang di 2020. Kedua tentang sasaran operasional tahun 2020 dan ketiga tentang kemampuan kunci (key capabilities) yang harus dibangun dan saling menguatkan untuk mmenjawab tantang dan mencapai sasaran.

Sekitar dini hari pada keesokanharinya, para peserta dibangunkan oleh trainer sebagai bentuk pembinaan mental. Kemudian seharian para peserta mengikuti fun games atau outbond untuk mengasah skill kerja sama. Seluruh peserta antusias mengikuti kegiatan team building yang dirangkai pula dengan penandatanganan Pakta Integritas masing-masing unit PG dan Kantor Direksi. Semoga apa yang sudah diupayakan dan disepakati oleh manajemen tersebut tercapai dengan segala ridho Tuhan Yang Maha Esa serta team work seluruh insan PT PG Rajawali I yang semakin solid. One team, one mission, be a winner. Satu jiwa raih juara! (rsd).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *