Uncategorized

PERJUANGAN KAMI SEMANIS GULA YANG KAMI BUAT

Malang merupakan area yang sangat cocok terhadap pertumbuhan berbagai macam perkebuanan dengan suhu tropis berkisar 22,7 OC – 25,1 OC ,maksimal suhu 32,7 OC dan miniman suhu 18,4 OC membuat tanah di malang menjadi primadona dalam tumbuh kembang berebagai macam perkebunan salah satunya tebu. Hamparan luas lahan tebu yang terlihat rapih dan berjejer serentak menunujukan kondisi tebu yang begitu segar dan subur. Setiap tahunnya lahan tebu milik pak tani selalu tumbuh dan berkembang menjadi bibit unggul dalam menghasilkan gula yang terbaik. Saat musim panin tiba banyak pak tani berbondong – berbondong untuk mempercayakan tebu hasil keringat dan jerih payah mereka untuk diolah di PG Krebet Baru Malang. Hal ini karena mereka tidak sekalipun ragu terhadap gula yang dihasilkan oleh PG Krebet Baru malang.
Musim giling telah tiba dan saatnya teman – teman pabrik merapatkan barisan, menjaga kekompakan, mempersiapkan mesin yang optimal, serta doa yang dipanjatkan untuk kesuksesan giling ditahun ini. Jerih payah petani tidak akan kami sia – siakan, kepercayaan dari petani merupakan tanggung jawab bagi kami !!! (Seruu bergemuruh suara di area pabrik). PG Krebet Baru II yang merupakan salah satu tombak dari PG Krebet Baru bersiap dalam menghadapi giling ditahun ini, sudah banyak waktu yang diluangkan dalam menjaga dan merawat peralatan diluar masa giling dan ini saatnya bagi kami untuk mengolah tebu petani. (Twuuung) Bunyi sirine panjang yang menandakan waktu giling sudah dimulai, tebu pertamapun dijatuhkan kedalam meja tebu. Masing – masing stasiun sudah siap berjaga di tempatnya, menjaga nira sampai menjadi gula kristal.


Instalasi merupakan bagian yang menyediakan kebutuhan energi seperti uap dan listrik dan pabrikasi merupakan bagian pengolahan yang mengolah nira menjadi kristal gula. Keduanya berperan dan saling bekerja sama untuk menjaga kestabilan giling dan perolehan kristal gula. Keikut sertaan milenial di setiap bagian menjadi bumbu dalam mengawal giling. 24 jam pabrik ini selalu beroperasi deru gilingan menggiling tebu, nira mentah dimurnikan, nira jernih dikentalkan, nira kentalpun dimasak, lalu diputar hingga kristal gula dihasilkan, begitulah perputaran nira yang ada didalam pabrik hingga produk yang kami tunggu berupa kristal gula dihasilkan. Pagi, malam, lelah dan panasnya didalam pabrik serta saling beradu argumenpun merupakan bumbu dari rasa tanggung jawab kami dalam memperoleh kristal gula. Adanya hambatan kita tanggung dan perbaiki bersama saling gotong royong membantu setiap bagian, setiap menitnya merupakan waktu yang sangat berharga bagi kami. Target produksi dan kualitas gula selalu kami jaga dengan memperhatikan parameter dan SOP yang ada. Setiap fenomena perubahan yang ada selalu kami kawal dan evaluasi, hal ini demi menjaga kelancaran giling. Tidak lupa setiap pergantian shift tiba kami tunduk sejenak dan memanjatkan do’a bersama agar diberikan kelancaran giling dan hasil perolehan gula yang optimal di setiap shift nya.

Bulan demi bulan dilalui, PG Krebet Baru II tetap konsisten dalam menjaga perolehan dan kualitas gula. Perjuangan masih berlanjut hingga mendekati akhir giling persaingan antar PG semakin sengit dalam perolehan rendemen setiap bulannya. Kepala bagian mengeluarkan semua strategi terbaiknya agar hingga akhir giling tetap stabil. PG Krebet Baru II masih berada di peringkat ke II dibawah PG pesaingnya. Dan mendekati akhir giling berkat kekompakan, kerjasama, strategi dan do’a dari masing – masing bagian PG Krebet Baru II berhasil merebut posisi pertama dengan rendemen 9,06 dan menjadi yang terbaik dari PG lainnya. Hal ini membuat jerih payah serta keringat yang sudah dikeluarkan menjadi penyemangat dalam menutup giling 2019. Ada mula begitu juga ada akhir bunyi sirine panjang berbunyi yang menandakan akhir giling 2019 telah berakhir, haru sedih dan bahagia tergambar dari senyum dan tangis karyawan mendengarkan sirine panjang. Perjuangan yang telah dirintis dari awal berbuah manis semanis kristal gula kami, jabat tangan dan foto bersama menjadi memori indah bagi kami semua. Selamat tinggal giling 2019 dan salam jumpa giling 2020, PG Krebet Baru Tumbuh Berkembang dan Sukses Bersama. (yoga – KBB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *