Uncategorized

MILLENNIALS PT PG RAJAWALI I MENGIKUTI LAUNCHING “THE MILLERS” DAN SHARING SESSION DARI CEO MILLENNIALS

Millennials adalah sebutan bagi  kelompok demografi yang lahir pada tahun 1980-1996. Sehingga saat ini para millennials atau Gen Y berusia 23-38 tahun. Generasi ini berbeda dengan generasi pendahulunya, yaitu Gen X atau Baby Boomer khususnya dalam intensitas penggunaan teknologi komunikasi. Jumlah generasi millennials di PT PG Rajawali I adalah sebesar 16,13% dari total karyawan tetap.

Pada Rabu, 31 Juli 2019, Millennials PT PG Rajawali I mendapat tugas dari manajemen untuk menghadiri undangan Launching Millennials RNI dari PT RNI (Persero). Acara dengan tema “Millennial Rising” itu bertujuan membangun soliditas generasi muda di RNI Group. Kegiatan tersebut dilaksanakan di lantai VI Gedung RNI, Jakarta.

Acara dibuka oleh Direktur Utama RNI B. Didik Prasetyo serta dihadiri oleh Direktur Pengendalian Usaha RNI Agung P. Murdanoto, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol. Suhardi Alius dan Direktur PT Intens Rizqi Ayunda yang bertindak sebagai pembicara. Selain Millennials PT PG Rajawali I, hadir pula Millennials dari 11 Anak Perusahaan RNI Group.

Dalam sambutannya, Didik mengatakan, acara ini bertujuan untuk membangun soliditas Millennials RNI dalam menghadapi persaingan bisnis di era teknologi informasi dan menangkal ancaman yang dapat mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa. Pasalnya, saat ini 30% karyawan RNI merupakan generasi millennials yang tentunya memiliki peran yang sangat penting bagi kemajuan RNI.

Menurut Didik, dalam 11 tahun kedepan generasi millennials akan menjadi motor penggerak utama yang akan membawa perekonomian Indonesia ke arah yang lebih baik. Berdasarkan survei penduduk antar sensus (Supas) yang dirilis oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), jumlah penduduk Indonesia pada 2019 diproyeksikan mencapai 266,91 juta jiwa, di mana jumlah penduduk yang memiliki usia produktif sebesar 68% dari total populasi, atau lebih banyak dari pada penduduk dengan usia tidak produktif. Dari proyeksi tersebut, 25%-nya adalah generasi millennials.

“Ini adalah suatu keuntungan demografi yang kita dapatkan, di mana nanti pada tahun 2030, berdasarkan survey PricewaterhouseCoopers (PwC) posisi perekonomian Indonesia akan menempati peringkat ke-5 dunia. Dalam 11 tahun kedepan, para millennials ini akan memegang peranan yang sangat penting bagi kemajuan perekonomian maupun kemajuan Indonesia secara luas,” ujar Didik.

Lebih lanjut, Didik memuji karakter generasi millennials yang kreatif, inovatif, melek terhadap teknologi serta serba cepat. Namun demikian, ia pun menggarisbawahi beberapa hal negatif yang berpotensi menjadi ancaman, salah satunya terkikisnya nila-nilai nasionalisme akibat pengaruh media sosial dan globalisasi.

Untuk itu, Didik menekankan, acara Launching Millennials RNI Group ini juga membekali para peserta dengan materi mengenai nasionalisme serta berbagai potensi ancaman radikalisme, ekstrimisme, dan terorisme yang dapat mengikis rasa cinta kepada Tanah Air. Hal tersebut semata untuk menjaga semangat nasionalisme, sehinggan rasa persatuan dan kesatuan sebagai saudara Sebangsa dan Setanah Air di antara karyawan khususnya Millennials RNI tetap terjaga.

Tidak hanya sekadar seremonial, acara tersebut juga diisi sharing knowledge. Millennials PT PG Rajawali I berkesempatan mendengarkan pengalaman Direktur Millennials dari PT Intens, Rizqi Ayunda yang pada saat ini berusia sekitar 30 tahun. Kak Rizki (begitu sebutan untuk beliau) lahir di tahun 1989. Kak Rizki berbagi motivasi dan konsep pengembangan diri yang dijalaninya sehingga bisa sampai di posisi saat ini.

Galih Satya Pratama, Millennials dari PT PG Rajawali I bertanya kepada Kak Rizki apakah hanya Kak Rizki sendiri atau banyak millennials sukses yang Kak Rizki kenal. Lalu, bagaimana caranya supaya bisa sesukses Kak Rizki. Kak Rizki sangat mengapresiasi pertanyaan tersebut. Menurutnya, ada banyak CEO Millennilas contohnya di PT Garuda Indonesia (Persero). Bukan tentang umur untuk mencapai kesuksesan tapi lebih kepada usaha dan strategi kita. Millennials perlu memiliki “Rock Star” atau panutan agar bisa dibimbing menjadi semakin baik.

Seru dan menarik sekali acara sharing knowledge dan launching “The Millers” sebutan untuk Millennials RNI. Semoga kedepannya Millennilas RNI termasuk PT PG Rajawali I semakin cemerlang. Millennilas berdaya, RNI Juara! (rsd).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *