Uncategorized

INTERNALISASI BUDAYA PERUSAHAAN MELALUI NOBAR PINTER

SURABAYA – Budaya perusahaan memiliki peran penting dalam pengembangan organisasi di suatu perusahaan. Apabila setiap orang dalam perusahaan mampu menyelaraskan budaya dengan strategi organisasi, maka tujuan perusahaan akan lebih efektif untuk dicapai.  Mengingat hal tersebut, PT PG Rajawali pada 1 Juli 2019 mengadakan acara internalisasi budaya perusahaan  yang dikemas secara asyik dan inovatif bertajuk “Nobar PINTER”.

Budaya perusahaan yang baik dapat mendorong semangat bekerja karyawan. Budaya perusahaan dibentuk dari nilai-nilai yang diyakini oleh seluruh insan di dalamnya. PT PG Rajawali I memiliki nilai-nilai perusahaan (core value) yang dibudayakan oleh perusahaan, yaitu PINTER. Kependekan dari yaitu Professionalism, INtregrity, Teamwork, Excellence dan Respect.

Acara dimulai pukul 07.30 WIB. Diawali dengan absensi secara digital menggunakan scan barcode melalui handphone masing-masing peserta. Bagi yang kesulitan menggunakan handphone pribadinya, tim millennials siap membantu mengajari bagaimana cara absen menggunakan barcode. Semangat serta antusiasme karyawan sangat terlihat. Tingkat kehadiran karyawan Kantor Direksi mencapai 90% pada acara tersebut. Sebagian karyawan ada yang cuti dan dinas luar sehingga belum berkesempatan mengikuti acara tersebut.

Selanjutnya, para peserta sarapan bersama sebelum acara dibuka. Acara baru, tempat baru, dan menu sarapan yang juga tidak biasa. Internalisasi budaya perusahaan ini dikemas dengan sangat berbeda dan kekinian. Dikonsep dan dikelola oleh para milenial karyawan Kantor Direksi PT PG Rajawali I. Tim millennials memanfaatkan ruangan rapat lantai dua yang lebih jarang digunakan. Ruangan tersebut disulap sedemikian rupa sehingga nampak sedikit berubah dari biasanya. Nuansa pantai serta daun-daun yang menghiasi ruangan menjadi tema dalam acara tersebut.

Acara dibuka oleh MC. Kemudian, sebelum sambutan-sambutan langsung diadakan kuis. Kuis dilakukan secara online menggunakan aplikasi Kahoot yang dapat diakses melalui smartphone masing-masing peserta. Direktur Utama PT PG Rajawali I, Warsito sangat mengapresiasi kuis inovatif tersebut. Pada sambutannya, Warsito menyampaikan,”Model kuis seperti ini perlu ditiru untuk mensosialisasikan program Kantor Direksi hingga sampai ke level unit PG.”

Direktur Keuangan PT PG Rajawali I, Sagita Hariadin selaku motor dan inisiator program Nobar PINTER juga memberikan motivasi agar tim dapat semakin baik, berkreasi menyajikan ruang kerja kekinian dengan program-program yang semakin menarik. Kuis yang diberikan sebenarnya termasuk salah satu metode internalisasi budaya perusahaan. Para peserta diberi pertanyaan tentang implementasi PINTER.

Memanfaatkan kecanggihan aplikasi, para peserta pun dapat mengkreasikan usernamenya. Seperti, wedang jahe, Rrrrr, emprit dan kidnep. Menimbulkan gelak tawa dan rasa penasaran peserta yang lain juga. Antusiasme peserta dalam mengikuti kuis menggambarkan kompetisi positif. Kompetisi positif tersebut sangat baik diterapkan dalam lingkungan kerja setiap hari. Kompetisi dalam perusahaan tersebut dapat memunculkan standar kerja yang lebih tinggi.

Pada inti acara, dilakukan nonton bareng film pendek berisi hal-hal yang menunjukan dan tidak menunjukan budaya PINTER. Video film pendek tersebut dikonsep, dibuat dan diperankan oleh para millennials PT PG Rajawali I . Sambutan dari audiens sangat luar biasa. Video nampaknya menjadi salah satu media sosialisasi yang tepat saat ini karena mampu mengingatkan namun juga menghibur.

Selanjutnya dilaksanakan sharing knowledge internalisasi budaya perusahaan yang disampaikan oleh Hadiri selaku Sekretaris Perusahaan PT PG Rajawali I. Beliau sudah malang-melintang di anak perusahaan PT RNI (Persero), sehingga kaya pengalaman dan ilmu. Menurut Hadiri,”Cara merubah budaya perusahaan adalah dengan terlebih dahulu merubah diri sendiri”. Tidak perlu menuding siapa-siapa, perbaiki mulai dari dalam, dari diri kita sendiri.

Tidak hanya sosialisasi PINTER (budaya perusahaan pt pg rajawali I) yang disampaikan dalam acara ini, tapi tim millennials juga mendukung campaign tentang pengurangan plastik yang saat ini sedang digalakan di Indonesia. Pada acara Nobar PINTER para peserta tidak disediakan minuman kemasan, namun dengan konsep self service peserta disediakan gelas reusage. Peserta bebas memilih minumannya sesuai selera. Ada pilihan teh, kopi dan air mineral.

Selain itu sajian untuk sarapan dikemas dengan daun pisang yang lebih mudah terdegradasi dibanding plastik. Alami dan semakin mempernikmat rasa. Panitia acara pun memberikan hadiah pemenang kuis berupa botol-botol reusage yang mendukung diet plastik. Beberapa contoh kecil tersebut harapannya mampu konsisten diimplementasikan di lingkungan PT PG Rajawali I. Bismillah, PT PG Rajawali I siap bertransformasi menjadi lebih baik. Satu jiwa raih juara! (eka).

One thought on “INTERNALISASI BUDAYA PERUSAHAAN MELALUI NOBAR PINTER

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *