Uncategorized

PERUNDINGAN PERJANJIAN KERJA BERSAMA INDUK PT PG RAJAWALI I

SURABAYA – Bertempat di ruang rapat lantai dua, Kantor Direksi PT PG Rajawali I di Jalan Undaan Kulon No. 57-59 Kota Surabaya, Manajemen PT PG Rajawali I bersama SP Kandir, SP PG Krebet Baru dan SP PG Rejo Agung Baru melaksanakan perundingan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) Induk PT PG Rajawali I. Perundingan dilaksanakan selama dua hari pada 20-21 Juni 2019.

Pada sambutannya, Warsito (Direktur Utama PT PG Rajawali I) berpesan agar Serikat Pekerja khususnya di unit PG agar membantu mengingatkan karyawan khususnya di bagian tanaman untuk kembali mengasah kemampuan budi daya tanaman tebu. Agar dapat memberikan contoh bagi para petani di sekitar PG.

Karyawan Bagian tanaman sudah bukan saatnya sekedar mengatur pemasukan tebu. Sinder dan PLPG juga harus pro aktif memberikan bimbingan untuk meningkatkan produktifitas tanaman tebu. Apalagi dalam kondisi persaingan saat ini yang semakin ketat di wilayah timur. Banyak PG-PG baru dan peningkatan kapasitas PG-PG BUMN yang sudah ada.

Sebagaimana tata tertib perundingan, kedua pihak baik manajemen maupun Serikat Pekerja masing-masing membentuk tim perunding sebanyak 9 (sembilan) orang. Tim Manajemen diketuai oleh Kepala Bidang Tanaman (Zulham Suhud), sementara Tim SP diketuai oleh Matius Santoso dari Bagian Umum Kantor Direksi PT PG Rajawali I. PKB Induk hasil perundingan tersebut nantinya dapat dijadikan acuan untuk melakukan perundingan PKB di masing-masing komisariat Kantor Direksi maupun unit PG.

Perundingan dilakukan secara musyawarah mufakat dengan itikad baik, jujur, tulus, terbuka dan masing-masing pihak sama sekali tidak melakukan tindakan – tindakan yang bersifat menekan atau merugikan pihak yang lainnya. Semua pihak menunjukan kedewasaan untuk menentukan fondasi terbaik bagi hubungan industrial.

Semangat yang diusung dalam perundingan PKB Induk tersebut adalah mempersiapkan diri untuk bertransformasi menjadi lebih baik. Pemenuhan terhadap aturan perundang-undangan yang berlaku menjadi dasar mufakat. Manajemen juga menyambut sangat baik inisiatif dari SP untuk meningkatkan iuran DPLK yang dibayarkan oleh pegawai tanpa meningkatkan beban perusahaan. Agar generasi mendatang dapat menghadapi pensiun dengan lebih baik.

Selanjutnya, menjadi tugas pengurus Serikat Pekerja di komisariat masing-masing untuk turut mensosialisasikan perubahan-perubahan hasil perundingan PKB Induk PT PG Rajawali I tersebut. Semoga hubungan industrial yang sudah baik ini dapat semakin baik melalui komitmen bersama untuk melaksanakan hasil PKB Induk. Satu jiwa raih juara. PT PG Rajawali I siap bertansformasi menjadi lebih baik! (rsd).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *