Uncategorized

RANGKAIAN RAMADHAN 1440 H SATUKAN JIWA MENGGAPAI TAQWA

SURABAYA – Puji syukur kehadirat Allah Subhanahu wa Ta’ala, Yang Maha Suci dan Maha Tinggi. Keluarga besar PT PG Rajawali I masih diberi nikmat untuk bertemu dan beraktivitas di bulan Ramadhan tahun 1440 H. Sebagai bulan yang penuh berkah, umat muslim di seluruh dunia diwajibkan menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan tidak terkecuali insan PT PG Rajawali I yang beragama Islam.

Menjadi rutinitas positif, Takmir Masjid Baiturrahman PT PG Rajawali I membagikan takjil dan makanan berbuka puasa setiap hari di bulan Ramadhan. Masjid yang terletak di Jl. Undaan Kulon No.57-59 tersebut dapat digunakan untuk sholat berjamaah lima waktu oleh masyarakat sekitar. Alhamdulillah pengelolaan dan fasilitasnya semakin baik setelah direnovasi pada awal 2018. Menambah kebahagiaan manajemen, Masjid PT PG Rajawali I tahun ini lebih ramai daripada tahun-tahun sebelumnya. Artinya fasilitas ibadah yang disediaakan manajemen semakin bermanfaat.

PT PG Rajawali I juga menyelenggarakan Buka Puasa Bersama anak yatim/piatu dan dhuafa sebanyak dua kali, yaitu pada 15 Mei dan 27 Mei 2019. Mengundang dhuafa disekitar Peneleh, PA Darul Aytam Dhuafa Ruqoiyah (Peneleh), PA Nurul Karomah (Kendangsari), PA Al-Hikmah Muhammadiyah (Peneleh), dan PA Jam’iyatuth Thoolibiin (Simo). Panitia yang diketuai oleh Hadiri yang juga menjabat sebagai Sekretaris Perusahaan PT PG Rajawali I memang memprioritaskan untuk berbagi dengan masyarakat sekitar di lingkungan sekitar Peneleh, Genteng, Kota Surabaya. Supaya kehadiran PT PG Rajawali I sebagai anak perusahaan PT RNI (Persero) juga dirasakan manfaatnya bagi lingkungan.

Pada malam ke-17 bulan Ramadhan bertepatan dengan 21 Mei 2019, PT PG Rajawali I juga mengadakan peringatan Nuzulul Qur’an di Masjid Baiturrahman. Jamaah sholat tarawih dan witir pada acara tersebut memperoleh tausiah peringatan turunnya firman ﷲ pertama melalui Rosulullah ﷺ, yaitu surat Al `Alaq 1-5. Tausiah tersebut disampaikan oleh Ustad Samsul. Beliau mengingatkan jamaah baik karyawan/karyawati maupun masyarakat untuk senantiasa bertaqwa.

Rangkaian kegiatan serupa juga dilaksanakan oleh unit PG Krebet Baru (Kabupaten Malang) dan PG Rejo Agung Baru (Kota Madiun). Salah satu yang membudaya di unit PG adalah kegiatan Safari Ramadhan, mengunjungi pondok-pondok pesantren dilingkungan mitra kerja/petani/koperasi untuk silaturahmi, berbuka bersama, tarawih dan memberikan buah tangan sebagai tanda persaudaraan. Hubungan baik dengan masyarakat termasuk para ulama menjadi benteng utama jalinan kemitraan antara pabrik gula dengan masyarakat.

Ikatan Istri Karyawan dan Karyawati (IIKK) Kantor Direksi PT PG Rajawali I juga turut menyemarakan bulan Ramadhan dengan kegiatan “IIKK Berbagi” pada 23 Mei 2019. Ibu Rosdianah Warsito sebagai Ketua IIKK mengajak anggotanya mengunjungi panti asuhan dan panti werdha. Bersilaturahmi dan berbagi kebahagiaan bersama para manula yang jauh dari keluarga. Bahkan sebagian sudah tidak memiliki siapa-siapa lagi di dunia ini. Praktis, sesama penghuni panti adalah keluarga mereka. IIKK menghibur para manula dengan bernyanyi bersama serta menyediakan diri untuk mendengarkan kisah hidup para Oma.

Warsito, Direktur Utama PT PG Rajawali I senantiasa mengajak seluruh karyawan/karyawati serta masyarakat yang hadir untuk berdoa di setiap kesempatan baik dalam rangkaian acara bulan Ramadhan. “Semoga perusahaan tempat kita mencari nafkah ini, tempat kita beribadah, selalu diridhoi Allah Subhanahu wa Ta’ala, sehingga kinerja tahun ini dapat tercapai sesuai rencana, dan berkesinambungan,” doa Warsito yang juga menjadi doa yang sama seluruh karyawan. Aamiin Yaa Rabbal‘alamiin.

Sholihin Yusuf secara khusus pada Buka Bersama yang kedua (27/5) mendoakan agar PT PG Rajawali I dijauhkan dari segala musibah. Sebagaimana tema peringatan Ramadhan tahun ini, “Satukan Jiwa Meraih Taqwa”, semoga semua yang hadir diberi semangat untuk terus beribadah pada bulan Ramadhan hingga hari-hari setelahnya serta dipertemukan kembali dengan Ramadhan yang akan datang.

Taqwa adalah tataran ibadah yang sangat tinggi. Sebagaimana QS. Al Hujurat ayat 13,

Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” Oleh karena itu tidak ada visi atau cita-cita yang lebih transformatif revolusioner selain taqwa. Satu jiwa raih juara. PT PG Rajawali I siap bertansformasi menjadi lebih baik, berkinerja tinggi. We are ready! (rsd).

One thought on “RANGKAIAN RAMADHAN 1440 H SATUKAN JIWA MENGGAPAI TAQWA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *