Uncategorized

DIGITAL MARKETING DAN VLOG SEBAGAI FENOMENA BARU DALAM DUNIA BISNIS

SURABAYA – Masih dalam rangkaian Kelas Kreatif yang digagas oleh PT RNI (Persero) di Sumenep pada Sabtu (6/4) yang lalu. Digital marketing dan Vlog menjadi dua tema kelas yang dipilih dari empat kelas yang diselenggarakan. Dua tema kelas ini menarik karena dunia internet dan sosial media sekarang menjadi tren dan budaya khususnya bagi generasi millennial. Hal ini tampak dari banyaknya pendaftar dan antusiasme peserta kelas saat acara berlangsung. Bahkan Menteri BUMN Rini M. Soemarno menyempatkan hadir untuk memberikan semangat kepada peserta kelas digital marketing di sela kunjungannya ke Sumenep.

Berdasarkan hasil riset Wearesosial Hootsuite yang dirilis Januari 2019 pengguna media sosial di Indonesia mencapai 150 juta atau sebesar 56% dari total populasi. Sementara pengguna media sosial mobile (gadget) mencapai 130 juta atau sekitar 48% dari populasi. Karena itulah segala sesuatu saat ini sudah sangat erat dengan dunia internet dan media sosial. Salah satu tren yang bertumbuh seiring dengan bertumbuhnya pengguna internet adalah digital marketing.

Digital marketing atau pemasaran secara digital adalah upaya memasarkan produk/jasa dengan menggunakan perangkat elektronik atau internet di berbagai platform online diantaranya website, blog, dan sosial media (Instagram, WhatsApp, Facebook dsb). Dengan digital marketing perusahaan dapat melakukan komunikasi dan penawaran dengan lebih cepat dan efisien. Digital marketing dapat membantu perusahaan menilai efektifitas pemasaran dengan lebih akurat melalui informasi berapa banyak kunjungan website dalam sehari, berapa banyak likes di media social dan berapa banyak pelanggan yang melakukan feedback, dibandingkan dengan pemasaran secara offline.

Digital marketing merupakan sebuah alternatif bagi perusahaan untuk dapat mengakselerasi pemasaran produknya dan meningkatkan company / brand awareness mereka di mata masyarakat. Selain dengan digital marketing, saat ini Vlog atau video blog juga menjadi salah satu pilihan bagi perusahaan untuk mengenalkan diri kepada masyarakat terutama generasi millennial. Vlog biasanya menjelaskan mengenai suatu kegiatan atau aktivitas yang diambil berdasarkan sudut pandang sang tokoh utama atau vlogger tersebut. Dengan vlog, penonton akan merasa terlibat dengan kegiatan yang dilakukan oleh vlogger secara langsung karena pengambilan gambar yang terasa lebih dekat dan nyata.

Vlog perusahaan sudah banyak kita temui di berbagai acara dan kegiatan, bahkan RNI pun telah membuat lomba vlog di acara RNI Award 2018 sebagai wadah kreatifitas bagi masing-masing anak perusahaan dan membuat RNIVlog yang diupload ke kanal YouTube. Tantangan industri kedepan yang semakin ketat dan bergerak cepat membuat perusahaan harus terus beradaptasi dan mengikuti perkembangan zaman, tren digital marketing dan vlog ini harus dapat disikapi secara bijak agar kehadirannya dapat memberikan efek positif bagi perusahaan. PT PG Rajawali I SATU JIWA RAIH JUARA (ysf).

One thought on “DIGITAL MARKETING DAN VLOG SEBAGAI FENOMENA BARU DALAM DUNIA BISNIS

  1. Whatsapp marketing masih terhitung baru dalam dunia digital marketing, namun ada cara agar Anda bisa mengoptimalkan bisnis lewat platform ini. Dunia IM memberi akses ke Whatsapp Marketing, produk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *