Uncategorized

INSAN PT PG RAJAWALI I TERPILIH SEBAGAI KETUA BARU KSP PT RNI

YOGYAKARTA – Seluruh karyawan PT PG Rajawali I mengucapkan selamat dan apresiasi sebesar-besarnya kepada Matius Santoso, Staf Bagian Umum Kantor Direksi PT PG Rajawali I atas amanah barunya sebagai Ketua Umum Konferensi Serikat Pekerja (KSP) PT RNI. Terpilihnya Matius terjadi secara aklamasi setelah tiga Federasi Serikat Pekerja (FSP Wilayah Timur, Wilayah Tengah dan Wilayah Barat) sepakat melaksanakan Munaslub dan menunjuk beliau sebagai Ketua Umum KSP PT RNI (29/03).

Berikut susunan kepengurusan KSP PT RNI 2019-2022 yang telah dikukuhkan oleh Direktur Utama PT RNI (Persero).

Penasehat                                               : Arsal Rusli

Nurcahya

Ketua Umum                                         : Matius Santoso

Ketua I. Bidang Pembelaan Hukum : Taufik Ramdhan

Ketua II. Bidang Humas                     : Muhaimin

Ketua III. Bidang Kesejahteraan       : Muh. Iksan Harahap

Sekretaris Umum                                  : Stephen G. Pangkerego

Sekretaris I                                             : Ratna Sari Dewi

Bendahara                                              : Eddy Purwanto

Seksi Pembelaan Hukum                    : Kartono

Akhmad Sutanto

Seksi Humas                                          : Sarono

Tejo Poncoyoga

Seksi Kesejahteraan                              : Agus Subagja

Juni Hartawan

Munaslub merupakan sarana mengoptimalisasi fungsi KSP setelah kepengurusan sebelumnya telah habis masa jabatannya pada tahun 2017. Menurut AD/ART KSP, maksimal 3 (tiga) bulan setelah masa jabatan pengurus habis harus dilakukan Munas. Namun hingga lebih dari satu tahun belum dilakukan Munas sehingga terjadi kekosongan kepengurusan yang menyebabkan komunikasi yang kurang efektif antara KSP dan manajemen PT RNI (Persero).

Munaslub diadakan pada 29 Maret 2019, bertempat di Hotel Saphir, Yogyakarta. Setelah sebelumnya para perwakilan Komisariat SP RNI Group memperoleh pemahaman mengenai pentingnya membangun Serikat Pekerja yang efektif dan produktif melalui in house training hubungan industrial. In house training tersebut diikuti oleh 69 peserta yang terdiri dari perwakilan Anak Perusahaan RNI Group.

Pada in house training tersebut, Direktur Utama PT RNI (Persero) berpesan agar di tengah upaya mewujudkan transformasi bisnis RNI, SP dapat turut berperan dalam mengamankan aset-aset perusahaan, menjaga kinerja dan senantiasa mebangun komunikasi yang efektif dengan menejemen. Ia berharap, SP dapat berpartisipasi aktif mengawal proses transformasi RNI sehingga setiap prosesnya dapat berjalan dengan baik.

Pada kesempatan tersebut juga turut hadir Direktur SDM dan Umum RNI J. Nanang Marjianto dan Group Head Umum RNI Edwin Elfian Lubis. Saat menyampaikan paparan, Nanang Marjianto berpesan kepada seluruh Anggota SP untuk bisa menjadi “Jembatan Emas” yang dapat menghubungkan karyawan dengan Manajemen. “Semoga SP dapat terus memberikan kontribusi yang besar bagi karyawan dan perusahaan,” ujarnya.

Di perusahaan plat merah, baik manajemen maupun SP sejatinya sama. Kita semua adalah karyawan dari pemilik bisnis, yaitu negara. Kita memiliki tujuan yang sama. Perusahaan sehat, karyawan sejahtera. Perusahaan harus sehat tapi tidak boleh menzolimi karyawannya dengan tidak memberikan haknya. Karyawan harus sejahtera tapi tidak boleh merugikan perusahaannya.

Perusahaan adalah sawah ladang yang harus kita jaga bersama. Dari perusahaan inilah rezeki Tuhan mengalir untuk kita hidup dan menghidupi keluarga. Ibarat sumur, untuk apa kita meludahi apalagi meracuni sumur yang airnya kita minum sendiri. Harus kita jaga bersama-sama perusahaan tempat kita bekerja. Satu jiwa raih juara. (rsd).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *