Uncategorized

PERMINTAAN LULUSAN TEKNIK KIMIA UNTUK INDUSTRI GULA BELUM TERCUKUPI

SURABAYA – Direktur Utama PT PG Rajawali I, Warsito dan Direktur Keuangan PT PG Rajawali I, Sagita Hariadin menerima kunjungan Direktur Politeknik Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP) Yogyakarta, Ari Wibowo (28/2), membicarakan peluang kerjasama program beasiswa perkebunan.

Kerjasama vokasi bukan hal asing bagi kedua belah pihak. Hampir setiap tahun unit Pabrik Gula (PG) di bawah manajemen PT PG Rajawali I mengirimkan karyawannya untuk mengikuti Kursus Luar Giling (KLG) di LPP. PT PG Rajawali I juga kerap mengadakan in house training dengan narasumber dari LPP maupun Politeknik LPP.

Pada 2015 juga telah dilakukan kerjasama program magang untuk mahasiswa Politeknik LPP semester akhir yang kemudian diikutkan proses recruitment Management Trainee Program angkatan ke-18. Program tersebut sebagai salah satu win-win situation menyikapi kebutuhan tenaga kerja dengan keahlian dan attitude pengolahan gula.

Disampaikan oleh Ari Wibowo, saat ini banyak muncul pabrik gula baru. Sampai dengan tahun 2020 sudah ada lima PG baru yang datang ke LPP untuk mendapatkan tenaga kerja spesifik di pengolahan gula.

Umumnya yang dicari adalah lulusan laki-laki, menimbang turn over yang cukup tinggi untuk tenaga kerja wanita. Politeknik LPP selalu tidak mampu memenuhi permintaan tenaga kerja tersebut.

Tidak hanya PG baru, PG-PG yang telah berdiri pun juga membutuhkan regenerasi karena tidak mudah mendapatkan talent-talent pabrikasi yang memiliki skill dan keilmuan spesifik proses gula. Dengan adanya program beasiswa perkebunan Politeknik LPP, PT PG Rajawali I mendapat kesempatan untuk mengikat calon tenaga kerja dari Politeknik LPP sebelum mereka lulus.

Dari sisi yang lebih hulu, Karyawan PT PG Rajawali I juga mengelola SMK Gula Rajawali (Madiun). Menurut Ari Wibowo,”Alumni SMK Gula Rajawali di LPP memiliki prestasi dan soft skill di atas rata-rata mahasiswa biasa”. Salah satu talent terbaik, Direktur Produksi PT PG Rajawali I (Rachmad Sartono) juga merupakan alumni LPP.

Semoga kedepannya, PT PG Rajawali I, SMK Gula Rajawali, LPP dan Politeknik LPP dapat terus berkontribusi mencerdaskan anak bangsa khususnya generasi pergulaan nasional. Satu jiwa raih juara! (rsd).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *