Uncategorized

SOSIALISASI PEDOMAN TATA NASKAH DINAS PT PG RAJAWALI I

Review kesisteman merupakan kemelekatan yang membiasa dilakukan oleh manajemen PT PG Rajawali I. Salah satu hasil review pada akhir tahun 2018 adalah improvement instrument kesekretariatan yang dibakukan melalui SK Direksi PT PG Rajawali I Nomor: SK.230/RWI.01/XII/2018 tentang Pedoman Tata Naskah Dinas PT PG Rajawali I tanggal 19 Desember 2018.

Inovasi pedoman tata naskah dinas yang mulai diterapkan pada 2019 tersebut didasarkan pertimbangan perlu dilakukannya penataan, penyeragaman dan pembakuan format surat menyurat agar mudah ditelusuri kembali dan dapat digunakan untuk pengambilan keputusan yang efektif dan efisien. Mendukung perbaikan approach kesisteman kesekretariatan serta mewujudkan tata kelola perusahaan yang baik tersebut, PT PG Rajawali I mengadakan “Sosialisasi Pedoman Tata Naskah Dinas” pada 7 Januari 2019.

Acara tersebut diikuti oleh para senior leader setingkat Kepala Bidang dan Kepala Bagian beserta petugas administrasi setiap bidang. Pada sambutannya, Warsito (Direktur Utama PT PG Rajawali I) menyampaikan, “Memang belum ada tata naskah yang baku di lingkungan PT PG Rajawali I. Diharapkan nantinya ada keseragaman tata naskah di Kantor Direksi dan unit PG”. Sosialisasi ini diharapkan melahirkan persepsi dan komitmen yang selaras sehingga memberi added value kepada perusahaan.

Tata naskah dinas merupakan pengelolaan informasi tertulis yang mencangkup pengaturan tentang jenis dan format, teknik penyusunan, kewenangan penandatanganan, distribusi dan penyimpanan serta pengamanan naskah dinas yang digunakan dalam komunikasi kedinasan. Diharapkan pedoman tata naskah dinas tersebut dapat memberikan dampak berupa terciptanya kelancaran komunikasi tulis internal maupun eksternal yang efektif dan efisien, tertibnya administrasi di lingkungan PT PG Rajawali I serta terwujudnya tata kearsipan yang semakin berdaya guna.

Langkah sederhana namun nyata. Optimisme untuk membangun perusahaan yang bereputasi dan berdaya saing tidak akan sekedar menjadi wacana. PT PG Rajawali I terus bergerak mewujudkan sistem yang modern. Semoga kesisteman ini dapat memberikan manfaat dan pijakan perbaikan berkelanjutan di PT PG Rajawali I. Serta mendukung salah satu misi BUMN, yaitu mewujudkan organisasi modern sesuai dengan tata kelola pemerintahan yang baik. Kerja kita prestasi bangsa. Satu jiwa raih juara! (rsd).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *