Uncategorized

SARI TEBU, SI MANIS KAYA MANFAAT

Tebu umumnya dikenal sebagai bahan pemanis atau penyegar. Dirangkum dari berbagai publikasi, air perahan tebu atau nira tebu ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Menurut Ayurveda (ilmu kesehatan dari India), setidaknya ada enam manfaat mengkonsumsi sari tebu bagi kesehatan.

Pertama, sebagai diuretic yang memperbaiki fungsi ginjal. Kedua, memperbaiki fungsi hati melalui asupan protein dan nutrisi dari tebu. Ketiga, menghilangkan kelelahan dan dehidrasi dengan meningkatkan plasma darah dan cairan tubuh. Keempat, mengandung senyawa alkali yang baik untuk lambung dan antikonstipati. Kelima, memiliki nilai Indeks Glikemik yang rendah sehingga tidak cepat meningkatkan gula darah. Keenam, mengandung mineral yang baik untuk kesehatan gigi dan mencegah bau mulut.

Menurut Tanya Choudhary (ISSA Certified Specialist in Fitness & Nutrition), sari tebu juga bermanfaat untuk kecantikan. Menggunakan sari tebu secara teratur ternyata dapat menyembuhkan masalah kulit seperti jerawat. Jadi, jika mengalami masalah jerawat, dapat dicoba masker sari tebu untuk hasil yang efektif.

Nira tebu ternyata mengandung alpha hydroxy acids (AHAs) seperti asam glikolat, yang membantu meningkatkan regenerasi sel. Scrubbing menggunakan tebu juga dapat membantu menghapus bekas jerawat. Peeling nira tebu juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati.

Air perahan tebu juga bermanfaat mencegah penuaan dini. Nira tebu mengandung antioksidan, flavonoid, dan senyawa fenolik yang dapat membuat kulit bersinar, lembut, dan lembab. Karena kandungan senyawa fungsionalnya tersebut, sari tebu berpotensi sebagai kosmetik dan skin care alami.

Begitu banyaknya manfaat nira tebu menunjukan betapa berharganya memiliki lahan pertanian tebu. Masih banyak harta karun yang belum tergali dan termanfaatkan secara komersil. Oleh karena itu PT PG Rajawali I mencoba memproduksi hasil riset ready to drink sari tebu dengan teknologi olah minimal untuk mempertahankan kandungan nutrisi dan cita rasa asli tebu. Minuman sari tebu PT PG Rajawali I memiliki pH mendekati netral dan dapat diambil manfaatnya dengan penyimpanan dingin (maksimal 5oC).

 

Ready to drink sari tebu PT PG Rajawali I telah diriset sejak tahun 2010 dan dalam tahap pengenalan kepada konsumen. Sejauh ini diminati banyak orang karena rasanya yang khas. Karena penerapan metode olah minimal, daya simpan produk hanya sekitar 3 bulan jika disimpan di pendingin. Namun jika disimpan di suhu ruang hanya bisa bertahan selama 24 jam sehingga harus segera dikonsumsi.

Berbeda dengan jus atau sari tebu perahan langsung yang biasa dijumpai di tepi jalan, sari tebu PT PG Rajawali I lebih higienis. Tebu perahan langsung jika disimpan di dalam pendingin (kulkas) akan tetap mengalami kerusakan setelah penyimpanan sekitar 24 jam. Dibanding dengan ready to drink sari tebu produksi luar negeri yang beredar di pasar Indonesia, cita rasa sari tebu PT PG Rajawali I lebih mendekati cita rasa asli tebu dan berani dibandingkan.

Seperti apa rasanya tidak perlu penasaran. Langsung saja berkunjung ke Kantor Direksi PT PG Rajawali I di Jl. Undaan Kulon No. 57-59, Kota Surabaya. Setiap jam kerja, ada petugas yang melayani pembelian langsung sari tebu. Sementara kami belum melayani pembelian secara online atau di luar Kota Surabaya dan Malang Raya. Kami ingin langsung bertemu dengan pembeli, menjalin silaturahmi dan umpan balik terhadap produk baru kami ini. Tekad kami untuk berbuat yang terbaik. Satu jiwa raih juara! (rsd).

Sumber:

https://food.ndtv.com/health/6-health-benefits-of-sugarcane-juice-a-promise-of-good-health-1270503

https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-sugarcane-juice-for-skin-hair-and-health/#gref

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *