Uncategorized

APLIKASI RIMS DAN RAJAWALI I-KNOW

Management PT PG Rajawali I menyadari bahwa budaya inovasi sangat penting dalam sebuah perusahaan. Sejauh ini, budaya inovasi di PT PG Rajawali I baik unit PG Rejo Agung Baru (Madiun) maupun PG Krebet Baru (Malang) cukup baik. Ditunjukan dengan peran aktif terhadap eksebisi karya inovasi di lingkungan PT RNI (Persero) setiap tahunnya serta efisiensi proses dan HPP relatif rendah sebagai dampak dari inovasi dibanding PG BUMN lainnya.

Namun masih ada gap kompetensi inovasi karyawan yang perlu dikelola. Penyebarluasan pengetahuan dipercaya dapat menjadi salah satu cara untuk menurunkan gap tersebut. Management juga menyadari bahwa masih banyak pengetahuan tacit termasuk ide inovasi karyawan yang belum dapat digunakan untuk mengurangi gap kompetensi karyawan karena belum terdokumentasi. Oleh karena itu diperlukan sebuah sarana yang dapat menampung ide-ide kreatif atau inovasi di lingkungan PT PG Rajawali I sehingga dapat terdokumentasi dengan baik, terukur dan memudahkan pengelolaanya.

Merespon era industri 4.0, sarana pengelolaan tersebut dibangun dalam bentuk digital berupa aplikasi “Rajawali Innovation System” atau RIMS untuk mengelola ide-ide inovasi serta “Rajawali i-know” untuk mengelola pengetahuan. Menurut Dio Dharmawan sebagai staf IT yang membangun sendiri RIMS dan Rajawali i-know, “Tujuan aplikasi ini adalah memperoleh knowledge map dalam proses bisnis perusahaan. Memperoleh inovation map atas ide-ide kreatif dari seluruh jajaran perusahaan. Mengidentifikasi inovasi-inovasi di PT PG Rajawali I. Mendesain sebuah sistem dalam kebutuhan pengembangan inovasi di PT PG Rajawali I. Mendesain sebuah sistem aplikasi untuk bisa mendokumentasikan inovasi-inovasi yang ada di PT PG Rajawali I”.

Stakeholder dalam pembangunan dan pengelolaan aplikasi ini adalah: a) Bagian Teknologi Informasi Kantor Direksi PT PG Rajawali I yang membangun dan memelihara aplikasi; b) Bagian Riset dan Pengembangan Kantor Direksi PT PG Rajawali I sebagai pemilik dan pengelola sistem inovasi. Bagian Risbang sebagai pemilik proses bertanggung jawab untuk mengelola, menganalisa, memantau dan melaporkan kegiatan yang terjadi di dalam sistem inovasi; c) Admin, yaitu satu orang karyawan yang mendapat tugas dari management sebagai pengelola konten dalam aplikasi sistem inovasi; d) Karyawan di lingkungan PT PG Rajawali I secara keseluruhan sebagai subyek aktif yang memberikan ide inovasi, pelaksana dan pengguna inovasi.

RIMS dan Rajawali i-know dapat diakses melalui koneksi internal Kantor Direksi PT PG Rajawali I dan jaringan internet. Setiap karyawan yang ingin mengakses RIMS dan Rajawali i-know cukup mendaftar ke Bagian IT unit PG atau Kantor Direksi secara langsung atau dikoordinir melalui sekretaris bagian masing-masing untuk mendapat akun username dan password. Kemudian masing-masing karyawan dapat mengaktivasi akun tersebut dan mengganti password untuk keamanan data.

Semoga aplikasi ini dapat bermanfaat seluas-luasnya untuk seluruh insan PT PG Rajawali I di Kantor Direksi maupun unit tanpa mengenal batasan gender, usia, status maupun tingkat kompetensi saat ini. Semakin banyak pengetahuan yang kita bagi, harapannya dapat membantu percepatan transformasi kompetensi seluruh karyawan serta semakin memperkaya pemahaman kita sendiri. Sampaikan walau hanya satu ayat. Satu jiwa raih juara! (rsd).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *