Uncategorized

WORKSHOP PENYUSUNAN RJPP BERSAMA P3GI

Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) merupakan salah satu alat perencanaan dan pengendalian manajemen. Perencanaan dan pengendalian yang baik tersebut merupakan cermin dari akuntabilitas dan kinerja perusahaan. RJPP juga merupakan salah satu komponen strategi kinerja ekselen. RJPP berdasarkan prinsip kinerja ekselen tersebut perlu mempertimbangan beberapa faktor, antara lain transformasi organisasi, prioritas untuk inisiatif- inisitaif perubahan, kelincahan organisasi, operasional perusahaan yang semakin fleksibel serta mendorong dan memadukan inovasi.

Salah satu prasyarat dalam penyusunan RJPP tersebut adalah adanya pemahaman yang terkoordinasi antara seluruh tingkatan manajemen. Menyikapi hal tersebut, PT PG Rajawali I memandang perlu untuk bersinergi dengan tenaga ahli eksternal yang kompeten untuk dapat membantu pelaksanaan penyusunan RJPP. Salah satu lembaga independen dan terpercaya memiliki kompetensi di industri gula yang dapat membantu PT PG Rajawali I sebagai konsultan eksternal adalah Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia (P3GI).

Memperhatikan hal-hal tersebut, Bidang Pengembangan Usaha PT PG Rajawali I telah menginisiasi Workshop Penyusunan RJPP bersama P3GI untuk mendorong kinerja ekselen pada Rabu, 12 September 2018 di Kantor Direksi PT PG Rajawali I. Sebagai narasumber adalah Ir Triantarti, M.Sc dan Risvan Kuswurjanto, ST. Workshop tersebut bertujuan untuk menyelaraskan pemahaman di seluruh tingkat manajemen terhadap RJPP PT PG Rajawali I.

Warsito selaku Direktur Utama PT PG Rajawali I menyampaikan,”RJPP yang akan disusun hendaknya benar-benar dapat dilaksanakan”. Oleh karena itu diperlukan gambaran umum analisa internal dan eksternal dari P3GI selaku konsultan. Triantarti menyampaikan analisanya,”PT PG Rajawali I adalah industri gula BUMN paling kuat. Kondisi PT PG Rajawali I akan menentukan kondisi industri gula nasional”. Oleh karena itu, RJPP PT PG Rajawali I akan sangat berpengaruh terhadap situasi pergulaan nasional. (rsd).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *