Uncategorized

SEMARAK KEMERDEKAAN “WE ARE THE GAME CHANGER!”

Bulan yang paling bersejarah bagi kelahiran Negara Kesatuan Republik Indonesia telah datang. Bulan dimana 73 tahun yang lalu, para Bapak pendiri bangsa mengumandangkan kabar gembira ke seluruh negeri. Semarak Hari Proklamasi Kemerdekaan. PT PG Rajawali I menyambut peringatan Hari Kemerdekaan dengan berbagai acara dan perlombaan. Perlombaan seperti ini rutin digelar, namun tahun ini sungguh tidak biasa. Direksi PT PG Rajawali I memberi arahan untuk meniadakan lomba yang bersifat individual. Sehingga dilakukan perlombaan antar bidang.

Jadilah modifikasi aneka mata lomba seperti tenis meja campuran dengan peserta tiga lawan tiga dalam satu permainan. Begitu juga dengan badminton. Kemudian ada catur tiga lawan tiga. Setiap satu langkah bidak catur, langkah selanjutnya dilakukan oleh rekan satu timnya yang lain tanpa adanya komunikasi langsung. Tantangannya, bagaimana menyatukan pemikiran tiga orang dalam satu tujuan. Menarik bukan? Yes, we are the game changer!

Kemudian ada voli sarung, estafet pindah belut, mini bowling dan estafet karet. Cabang baru yang dipertandingkan adalah Lomba Cerdas Cermat (LCC). Tidak seperti LCC pada umumnya, ketika babak rebutan delapan tim yang akan menjawab harus berlari ± 3 meter ke depan untuk mengambil dan membunyikan gendering. Cuma ada satu gendering yang diperebutkan. Jadi siapa cepat dia jawab dan harus benar. Nilai 100 untuk jawaban benar. Kalau salah tidak bisa mengikuti pertanyaan berikutnya dan nilainya dikurangi 100. Sportifitas juga dijunjung tinggi. Jadi jika ada penonton yang mencoba memberi jawaban, maka regu/bidang asal penonton dikurangi nilainya 100.

Cabang yang selalu dipertahankan ada dalam perlombaan tujuh belasan di kantor Direksi PT PG Rajawali 1 adalah karaoke. Namun kali ini juga harus beregu, berkostum dan berpenari latar. Menunjukan semangat, kreatifitas dan kekompakan masing-masing bidang. Setiap team menyanyikan dua buah lagu. Lagu Hari Merdeka dan lagu bebas. Tanpa batasan genre musik apapun. Apresiasi setinggi-tingginya untuk Team Tanaman yang berhasil menjadi juara I karaoke beregu dan Team Umum sebagai best performance.

Dalam setiap pertandingan, perjuangan tidak hanya milik pemain tapi juga penonton. Sorak sorai adu membahana antar team tidak terelakan. Kaleng, galon, panci, pipa-pipa hingga rebana turut andil menyemarak. Apalagi di penampilan perdana badminton pada 2 Agustus 2018 antara team Pengembangan Usaha dan Akuntansi Keuangan. Keseruannya diwarnai wajah-wajah baru yang bersaing ketat mengejar angka. Bahkan pemain yang kebetulan menjalankan ibadah puasa sunah di hari Kamis pun tetap energik menjalankan tugasnya dalam permainan. Tidak hanya skill, team work tapi mereka juga memperkuat usaha dengan doa.

Pada puncak kegiatan, dilakukan upacara peringatan Hari Kemerdekaan tepat pada 17 Agustus tahun 2018. Ketika naskah proklamasi dibacakan, memori kami spontan seperti kembali ke masa lalu. Apalagi untuk beberapa karyawan yang baru bertugas di PT PG Rajawali I. Sebuah pengalaman spiritual memperingati Hari Kemerdekaan di Kota Pahlawan. Kota kelahiran Sang Proklamator, Ir. Soekarno. Selamat ulang tahun negaraku tercinta. Dirgahayu Negara Kesatuan Republik Indonesia! Bakti kami, para insan RNI untuk negeri. Rapatkan barisan. Fokus pada tujuan. Satu jiwa raih juara. Salam ekselen! (rsd).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *