Uncategorized

PELATIHAN INTERPRETASI KPKU

Pada 10-12 Juli 2018, bertempat di Hotel Oasis Amir, Jakarta telah dilaksanakan pelatihani nterpretasi KPKU untuk menumbuhkan kader-kader baru penggerak kinerja ekselen di seluruh anak perusahaan PT RNI (Persero). Ketua Tim Champion PT PG Rajawali I (Bapak Suyadi) beserta dua anggotanya (Rachmanullah & Bambang Hadi) mengikuti kegiatan selama tiga hari tersebut.Acara tersebut terselenggara atas kerjasama PT RNI (Persero) dan Forum Ekselen BUMN (FEB). Bapak Dudung Prilaksono (Purnakarya PT JasaMarga) dan Firmanto Pudi (PT BNI 46) dari Forum Ekselen BUMN (FEB) bertindak sebagai trainer.

Pada pelatihan tersebut disampaikan informasi sekilas mengenai kriteria-kriteria kinerja unggul yang terdiri dari enam kategori proses (kepemimpinan; strategi; pelanggan; pengukuran, analisa & manajemen pengetahuan; tenaga kerja; operasional) dan kategori hasil. Diperkenalkan pula tools untuk mengukur kematangan proses menggunakan peta ADLI (Approach, Deployment, Learning, Integrastion) dan LeTCI (level, trend, comparison, integration) untuk mengukur kematangan hasil digunakan.

Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU) merupakan tools untuk menilai posisi perusahaan berdasarkan perspektif bisnis ekselen. KPKU berbicara tentang bisnis. Bisnis yang ekselen menurut KPKU tentu saja harus tumbuh berkelanjutan (sustain & growth) serta lebih baik dibanding pesaing (competitive). Pemenuhan kriteria-kriteria dalam KPKU dapat mendongkrak keunggulan daya saing perusahaan, meningkatkan kinerja secara berkelanjutan dan mencapai visi, misi dan tujuan perusahaan. Tentu saja melalui integrasi, yaitu keselarasan atas rencana perusahaan, proses-proses yang dijalankan, pengambilan keputusan, fokus karyawan/tenaga kerja dan seluruh tindakan yang pada akhirnya dapat ditunjukan dengan pencapaian hasil yang unggul.

Measure, manage and achive. Ukur, kelola dan capai. Setiap tujuan (output) harus memiliki indikator ketercapaian. Setiap tahapan (proses) menuju tujuan tersebut juga harus memiliki indikator efektifitas. Kemudian, sarana/prasarana (input) yang digunakan pada tahapan menuju tujuan pun harus diukur agar dapat kita kelola dan optimalkan. KPKU mengajarkan pelaku bisnis agar dapat bertindak sistematis, konsisten dan efektif. (rsd).

One thought on “PELATIHAN INTERPRETASI KPKU

  1. Tentu saja melalui integrasi, yaitu keselarasan atas rencana perusahaan, proses-proses yang dijalankan, pengambilan keputusan, fokus karyawan/tenaga kerja dan seluruh tindakan yang pada akhirnya dapat ditunjukan dengan pencapaian hasil yang unggul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *