PELATIHAN OFI TO AFI

Posted on Posted in Uncategorized

PT PG Rajawali I berpartisi pasiaktif pada pelatihan tindakl anjut OFI (Opportunity for Improvement) to AFI (Action for Improvement) yang diadakan oleh PT RNI (Persero) selaku holding untuk menindak lanjuti hasil asesmen KPKU PT RNI (Persero) tahun 2017. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari pada 10-11 Juli 2018. Bapak Abdul Halim (POK Evaluator/Fasilitator Forum Ekselen BUMN) bertindak sebagai trainer.Peserta pelatihan adalah kader penggerak kinerja ekselen yang sudah pernah mendapatkan pelatihan interpretasi, atau pelatihan asesor KPKU.

PT PG Rajawali I mendelegasikan dua orang anggota Tim Champion yang juga merupakan asesor internal (examiner) KPKU PT RNI (Persero), yaitu M. Hidayat Arif (Kepala Bagian IT) dan Ratna Sari Dewi (Staf Riset dan Pengembangan). Pada tahun 2017, M. Hidayat Arif telah mengases di tiga anak perusahaan PT Rajawali Nusantara Indonesia, yaitu PT Phapros Tbk, PT Mitra Kerinci dan PT Laskar. Sementara Ratna Sari Dewi berkesempatan mengases di PT Rajawali Nusindo, PT PG Rajawali II dan PT GIEB.

Pada pelatihan tersebut dilakukan bedah Opportunity For Improvement/OFI hasilasesmen KPKU PT RNI (Persero) untuk memberikan pembelajaran kepada asesor internal dan aplikan atau pemilik proses.Tiga hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan kinerja ekselen perusahaan dan skor KPKU, yaitu:

  1. Aplikan menyelesaikan OFI dari Feed Back Report (FBR) asesmen KPKU;
  2. Aplikan mempertahankan/memperkuat strength yang telah disampaikan;
  3. Aplikan melakukan inovasi (perbaikan learning) disemua dimensi proses

Sebagai langkah pertama tindak lanjut Feed Back Report (FBR), setiap OFI perlu disusun action plan untuk diselesaikan oleh pemilik proses dengan reward dan punishment yang terukur. Action plan tersebut dapat digunakan sebagai bukti/evidence untuk meningkatkan nilai learning. Aksi perbaikan (AFI) yang menyeluruh (sistemik) tersebutlah yang akan memberikan dampak peningkatan kinerja ekselen sebagaimana yang telah dilakukan (benchmarking) oleh world class company. (rsd).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *