Uncategorized

TRANFORMASI PELAYANAN KEPADA PETANI BERBASIS IT (PART 2)

PT PG Rajawali I, unit PG Krebet Baru mengikuti perkembangan zaman dengan membangun teknologi informasi untuk mempermudah pelayanan bagi mitra. Teknologi tersebut berupa program aplikasi yang dibangun sendiri, bukan dikerjakan oleh pihak ketiga/vendor. Pengembangan secara mandiri tersebut sangat efektif karena program yang dibangun benar-benar sesuai kebutuhan dan kondisi lapangan. Setelah membangun sendiri program aplikasi yang dibutuhkan, kompetensi karyawan juga semakin meningkat karena dituntut untuk mampu melaksanakan perawatan, pengembangan dan diversifikasi program lainnya.

Program aplikasi untuk meningkatkan pelayanan kepada petani tersebut antara lain a) Aplikasi Administrasi Timbangan, untuk rekapitulasi dan rincian data timbang guna mempermudah pencetakan laporan bobot tebu yang dikirim mitra/pelanggan; b) Aplikasi persediaan gula dan tetes meliputi: produksi, pembuatan DO, surat jalan, laporan sisa stok gula dan tetes; c) Aplikasi kredit, untuk monitoring pinjaman, angsuran dan tebusan nota koperasi, proses angsuran pinjaman koperasi, proses validasi nota natura gula, proses perhitungan pembayaran nota tebusan DO, cetak kasbon tebusan DO dan angsuran, distribusi gula karyawan dan biaya manolan, monitoring rekap kontrak dan pengambilan tetes; d) Aplikasi pembuatan SPTA (Surat Perintah Tebang Angkut) dan SPTA mobile yang mempermudah petani/kelompok/mitra untuk mengakses jatah SPTA yang dijadikan syarat pengiriman tebu ke pabrik gula; e) Aplikasi Kemitraan Tebu Rakyat yang terpasang dikoperasi mitra PG Krebet Baru, untuk mempermudah cetak nota hasil perhitungan produksi gula dan pemantauan sisa pinjaman; f) Aplikasi Distribusi Pupuk, untuk administrasi penerimaan dan pengalokasian pupuk ke koperasi-koperasi oleh PKPTR; g) Aplikasi MBS, untuk pembuatan laporan data rafraksi tebu yang digiling dan pencetakan Berita Acara Rafraksi Tebu yang dibagikan ke pemilik tebu.

PT PG Rajawali I juga semakin modern dengan mengaplikasikan teknologi informasi yang digunakan untuk mendukung kelancaran pekerjaan on farm, off farm, support system SDM dan help desk. Aplikasi di bidang on farm antara lain, Analisa Rendemen Individu (ARI), sistem pendaftaran lahan, sistem pelayanan pengambilan pupuk gudang dan Si Montok, yaitu aplikasi sistem monitoring kebun. Aplikasi di bidang off farm antara lain, aplikasi Display QC dan software mill balance. Support system (SIM) SDM meliputi, aplikasi biodata karyawan, absensi karyawan, izin meninggalkan kantor dan payroll. Help desk terdiri dari aplikasi Motorpool untuk pendataan aset, pengendalian kebutuhan BBM melalui kalibrasi kendaraan dan verifikasi tagihan SPBU, monitoring laporan pinjaman koperasi, monitoring stock ekonomis gula-tetes, monitoring pembayaran barang/jasa rekanan, sistem administrasi perpompaan material, sistem administrasi kendaraan dinas, general accounting, web agenda dan SISPADU untuk pemrosesan pengadaan, pengelolaan DPB, master rekanan dan master barang.

Manajemen berharap, kemampuan adaptasi, inovasi dan komitmen PT PG Rajawali I melalui penerapan teknologi informasi tersebut dapat mendorong kemajuan industri gula. Tidak hanya industri gula di lingkungan PT RNI (Persero), namun juga di seluruh Indonesia. Semoga agroindustri tebu sebagai kearifan lokal dapat terus menjadi sumber penghidupan bagi masyarakat Indonesia serta mendapat berkah dan ridho Allah SWT. Tekad kami untuk berbuat yang terbaik. Satu jiwa raih juara. (rsd).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *