Uncategorized

SHARING ASPEK HUKUM DAN STANDAR PENILAIAN KEUANGAN PERUSAHAAN

Senin, 05 Maret 2018 dilaksanakan in house training dengan tema “Aspek Hukum dan Standar Penilaian Keuangan Perusahaan Dalam Menuju MTN dan IPO”. Sebagai narasumber adalah Dr. Fahmy dari Konsultan Hukum Fahmy Hoessein & Partners serta Edwin Julianus S., SE, MBA dari MNC Group.

Disampaikan oleh narasumber bahwa syarat dokumen yang harus dilengkapi untuk MTN antara lain : a) Dokumen transaksi berupa perjanjian penerbiTAN MTN; b) Dokumentasi Korporasi berupa persetujuan Dewan Komisaris, Persetujuan RUPS/RUPS-LB; c) Penunjukan wali amanat jika diperlukan dan d) Legal opinion. Baik proses MTN maupun IPO perlu melakukan uji tuntas untuk mendapatkan legal opinion.

Dalam penilaian keuangan perusahaan didasarkan pada empat rasio, yaitu: a) Likuiditas yang mengukur kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban keuangan jangka pendek; b) Leverage/Solvabilitas yang mengukur seberapa besar perusahaan dibiayai dengan sumber hutang; c) Aktivitas yang mengukur sejauh mana efektifitas perusahaan dalam menggunakan sumber dayanya; dan d) Profitabilitas yang menunjukan besar kecilnya tingkat keuntungan yang diperoleh dengan penjualan maupun investasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *